Jumat, 12 Mei 2017

Keluarga Berencana, Solusi Sejahterakan Keluarga

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti saat menandatangani
kampung KB di Cenang Songgom. [Humas Brebes]
Songgom, Harianbrebes.com-Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Wagino menegaskan, mengikuti program Keluarga Berencana (KB) menjadi solusi jitu untuk mensejahterakan keluarga. Sebab dengan pengaturan jarak kelahiran akan bisa menentukan program kehidupan selanjutnya, yang pada muaranya akan mensejahterakan masyarakat.
“Persoalan kesejahteraan, tidak terlepas dari bagaimana mengatur jarak kelahiran bagi suatu keluarga, dan ber-KB menjadi solusinya,” demikian disampaikan Wagino saat menyampaikan sambutan Launching Kampung KB Kabupaten Brebes di Desa Cenang Kecamatan Songgom, Brebes, Jumat (12/5) lalu.
Kabupaten Brebes, kata Wagino, sangat memprihatinkan dengan kondisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah. Begitu juga dengan angka kematian ibu (AKI) melahirkan dan angka kematian bayi (AKB) yang dilahirkan tertinggi di Jawa Tengah.
“Di sini, peran perilaku masyarakat perlu dibangun kembali agar tumbuh partisipasi aktif dalam pembangunan daerah, terutama dalam program KB,” ajak Wagino.
Dalam kesempatan tersebut Wagino berdialog dengan dua ibu-ibu yang tengah menimang anaknya. Saat dialog, kedapatan kalau salah seorang ibu menikah pada usia 17 tahun dan kini di karunia dua orang anak. Sementara suaminya bekerja di Malaysia menjadi TKI. Wagino kaget dengan kondisi masyarakat yang kawin muda sehingga bisa menimbulkan persoalan berikutnya.
“Kalau sekarang banyak anak, sepuluh tahun mendatang Ibu Bupati harus menyediakan sekolahan juga,” ucapnya.
Artinya, persoalan keluarga tidak hanya menjadi problem bagi keluarga itu sendiri tetapi juga berimbas pada persoalan daerah, bangsa dan Negara. Termasuk persoalan IPM, AKI dan AKB.
Berdasarkan Susenas 2015, rata-rata usia perkawinan secara nasional 19,5 tahun. Kalau di Brebes masih pada kisaran usia 17 sampai 18 tahun maka perlu dilakukan pembinaan lebih lanjut.
Idza mengaku sudah melakukan berbagai upaya dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak pihak terkait lainnya. Meski demikian hasilnya masih harus diperbaiki lagi karena daerah lainnya juga telah melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kualitasnya.
Solusi yang ditawarkan antara lain dengan mengembangkan Kampung KB. Diharapkan lewat kampung KB kesadaran masyarakat dalam ber-KB semakin meningkat sehingga mensejahterakan masyarakat Kabupaten Brebes.
Bupati didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Dandim 0713/Brebes Abdul Hadi Hariono, Staf Ahli Bupati Hj Lely Mulyani menandatangani 18 prasasti kampung KB. Selain itu, menggunting untaian melati yang melintang di pintu gapura desa Cenang.
Kepala DP3KB Kabupaten Brebes yang diwakili Kabid Pengendalian Penduduk Hj Farikha menjelaskan, sebanyak 18 Kampung KB saat ini telah dilaunching. Sebelumnya, tahun 2016 sebanyak 11 kampung KB telah berdiri di berbagai Kecamatan Se kabupaten Brebes.
“Sampai saat ini ada 29 Kampung KB di kabupaten Brebes,” tuturnya. [Red-Hb/Arkana]
Sumber :
https://www.harianbrebes.com/read/2017/05/23/keluarga-berencana-solusi-sejahterakan-keluarga/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

DP3KB Brebes

Translate

Total Tayangan Halaman

POSTING UNGGULAN

Kampung KB Rintis Rumah Hijau Untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Kubangjati ( cbmnews.id ) - Kamis, 27 September 2018 kegiatan rutin sosialisasi Kampung KB di Dukuh Rimpak Desa Kubangjati Kecamtan Keta...

Kampung KB Brebes

Desa Kampung KB Kabupaten Brebes
1. Desa Capar

2. Desa Bantarwaru

3. Desa Kalilangkap

4. Desa Winduaji

5. Desa Sridadi

6. Desa Kutamendala

7. Desa Kendawa

8. Desa Wlahar

9. Desa Kubangjati

10. Desa Penanggapan

11. Desa Kalibutu

12. Desa Karangreja

13. Desa Ciampel

14. Desa Grinting

15. Desa Siasem

16. Desa Wangandalem

17. Desa Wanacala

18. Desa Cenang

19. Desa Pepedan

20. Desa Watujaya

21. Purwodadi

22. Purbayasa

23. Galuh timur

24. Dukuh Hilir losari

25. Desa slatri

26. Desa sitanggal

27. Desa siandong

28. Desa luwunggede

29. Desa Rengaspendawa
--------------------------------------------------
Sumber |
DP3KB Kabupaten Brebes



KOLOM BERSAMA