Jumat, 14 Juli 2017

Relawan Kampung KB Perlu dibekali Teknik Komunikasi

Fasilitator FGD Kampung KB, Kustoro Why, memaparkan materi ( doc. MS )
GRINTING (kampungkbrebes.net ) – Setelah dibentuk Kampung KB pada April 2017, DP3KB Kabupaten Brebes menyelenggarakan pembinaan Kampung KB di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba dengan melibatkan fasilitator Relawan Kampung KB dari Koalisi Kependudukan. Kamis (13/07/2017).
Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes Dra. Hj. Farikhah menyampaikan, Kampung KB merupakan kegiatan untuk merevitalisasi program KB yang selama 10 tahun terakhir belum menunjukkan kinerja yang menggembirakan.
“ Implementasi NAWACITA agenda ke tiga, lima dan delapan, yaitu membangun indonesia dari pinggiran dalam memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI, Meningkatkan kualitas hidup manusia dan melakukan revolusi karakter bangsa, “ ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Grinting Suhartono, SH dalam sambutannya, salut dan bangga pada para kader, poktan, bidan desa, poktan dan tokoh masyarakat yang mau secara sukarela hadir dan ikut berperan serta dalam kegiatan kampung KB. “ Ada dampak positif setelah ada penetapan desanya dijadikan kampung KB, masyarakat yang tadinya nggak tahu, nggak mau tahu jadi tahu apa itu KB dan mau tahu tentang pentingnya KB, walau belum maksimal tapi sudah mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya KB, “ terangnya.
Selanjutnya, Fasilitator Kampung KB Kabupaten Brebes Kustoro Why, SIP dari Koalisi Kependudukan dan Pembangunan menyampaikan, FGD ini merupakan kegiatan pembinaan dan ingin melihat sejauh mana perkembangan tim kampung KB di desa terpilih ini," katanya.
Lanjut Kustoro, dari hasil diskusi ternyata sejauh ini sebagian besar kader masih belum mengerti apa itu kampung KB, mengapa dibentuk dan apa kriterianya, hanya beberapa kader masih merasa kesusahan mengajak tetangga, masyakarakat untuk menjadi aseptor KB.
Kader telah menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya sosialisasi tentang KB di Jamiahan, acara senam pada remaja dan Bazar yang juga menyertakan sosialisasi tentang KB. Namun peserta yang hadir penting diberikan teknik komunikasi cara memotivasi para calon akseptor dan juga cara merawat akseptor yang sudah ada, semoga setelah pertemuan ini ada tindaklanjut dari pihak Dinas untuk merealisasi lewat pelatihan motivator Kampung KB yang terstandarisasi dan ada panduan dalam memberikan ilmunya. (Azam)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

DP3KB Brebes

Translate

Total Tayangan Halaman

POSTING UNGGULAN

Kampung KB Rintis Rumah Hijau Untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Kubangjati ( cbmnews.id ) - Kamis, 27 September 2018 kegiatan rutin sosialisasi Kampung KB di Dukuh Rimpak Desa Kubangjati Kecamtan Keta...

Kampung KB Brebes

Desa Kampung KB Kabupaten Brebes
1. Desa Capar

2. Desa Bantarwaru

3. Desa Kalilangkap

4. Desa Winduaji

5. Desa Sridadi

6. Desa Kutamendala

7. Desa Kendawa

8. Desa Wlahar

9. Desa Kubangjati

10. Desa Penanggapan

11. Desa Kalibutu

12. Desa Karangreja

13. Desa Ciampel

14. Desa Grinting

15. Desa Siasem

16. Desa Wangandalem

17. Desa Wanacala

18. Desa Cenang

19. Desa Pepedan

20. Desa Watujaya

21. Purwodadi

22. Purbayasa

23. Galuh timur

24. Dukuh Hilir losari

25. Desa slatri

26. Desa sitanggal

27. Desa siandong

28. Desa luwunggede

29. Desa Rengaspendawa
--------------------------------------------------
Sumber |
DP3KB Kabupaten Brebes



KOLOM BERSAMA