Selasa, 09 Mei 2017

Kecamatan Songgom Punya Dua Kampung KB

Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB),
Agus Susworo ( Foto WNA)
Cenang (cbmnews.net)- Kecamatan Songgom berdasarkan kriteria persyaratan Kampung Keluarga Berencana (KB) ada dua Desa yakni Desa Cenang dan Wanacala. Persyaratan menjadi kampung KB harus memenuhi kriteria utama antara lain kumuh, pesisir/nelayan, Daerah Aliran Sungai (DAS), Bantaran Kereta Api, kawasan miskin (daerah kota), terpencil, perbatasan, kawasan industri, kawasan wisata, dan daerah padat penduduk.

Demikian disampaikan oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Desa Cenang, H. Agus Susworo saat ditemui di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB), Kecamatan Songgom, Kamis (30/3).
Agus menjelaskan, Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembanguan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.
“Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas,” bebernya.
Lanjut Agus, Pembentukan Kampung KB harus memenuhi kriteria utama yaitu wilayah yang memiliki jumlah Pra KS dan KS-1 (miskin) diatas rata-rata tingkat desa/kelurahan dimana kampung tersebut berada, dan jumlah peserta KB di bawah rata-rata pencapaian tingkat desa/kelurahan dimana kampung tersebut berlokasi.
Di rencanakan Launching Kampung KB akan dilaksanakan pada Kamis, 9 Mei 2017 dan dihadiri oleh Bupati dan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, serta unsur Muspika Songhom dan pimpinan organisasi masyarakat di lingkungan Pemerintah Kabupaten, dan Kecamatan serta Kepala Desa Se-Kecamatan Songgom .(WNA editor BU)

Sumber : 
http://kampungkbrebes.blogspot.com/2017/05/kecamatan-songgom-punya-dua-kampung-kb.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

DP3KB Brebes

Translate

Total Tayangan Halaman

POSTING UNGGULAN

Kampung KB Rintis Rumah Hijau Untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Kubangjati ( cbmnews.id ) - Kamis, 27 September 2018 kegiatan rutin sosialisasi Kampung KB di Dukuh Rimpak Desa Kubangjati Kecamtan Keta...

Kampung KB Brebes

Desa Kampung KB Kabupaten Brebes
1. Desa Capar

2. Desa Bantarwaru

3. Desa Kalilangkap

4. Desa Winduaji

5. Desa Sridadi

6. Desa Kutamendala

7. Desa Kendawa

8. Desa Wlahar

9. Desa Kubangjati

10. Desa Penanggapan

11. Desa Kalibutu

12. Desa Karangreja

13. Desa Ciampel

14. Desa Grinting

15. Desa Siasem

16. Desa Wangandalem

17. Desa Wanacala

18. Desa Cenang

19. Desa Pepedan

20. Desa Watujaya

21. Purwodadi

22. Purbayasa

23. Galuh timur

24. Dukuh Hilir losari

25. Desa slatri

26. Desa sitanggal

27. Desa siandong

28. Desa luwunggede

29. Desa Rengaspendawa
--------------------------------------------------
Sumber |
DP3KB Kabupaten Brebes



KOLOM BERSAMA