Selasa, 13 Juni 2017

Pusat Ambil Alih Pengendalian Penduduk

Menteri Keuangan Sri Mulyani -- ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah mulai melakukan sentralisasi program pengendalian penduduk. “Banyak pemerintah daerah yang tidak mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk program KB. Karena itu, kita mulai melakukan sentralisasi program KB dan anggarannya kita amankan,” ujar Sri dalam diskusi dengan pimpinan media seusai buka puasa di Jakarta, kemarin.

Sri menambahkan Indonesia punya sejarah sebagai negara yang berhasil melaksanakan program KB. Sebagai negara dengan penduduk muslim sangat besar, menurutnya, Indonesia jauh lebih berhasil ketimbang negara-negara berpenduduk muslim lainnya di berbagai belahan dunia.

“Dengan sentralisasi anggaran, kita membuka peluang berhasil dalam pengendalian pertumbuhan penduduk seperti di masa lalu.”

Sebelumnya, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapati mengatakan, agar tujuan pemerataan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia tercapai, pertumbuhan penduduk harus dikendalikan.

Menurut Surya, pertumbuhan penduduk di Indonesia masih tinggi. Total fertility rate atau jumlah anak per wanita Indonesia pada survei demografi kesehatan Indonesia saat ini ialah 2,6. Laju pertumbuhan penduduk dapat dikatakan terkendali bila angka TFR-nya 2,1.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan pihaknya berhasil menekan angka kelahiran. “Program keluarga berencana di Jawa Barat saya anggap sudah berhasil yaitu dengan menekan angka kelahiran dari 1,8% di 2008 dan tahun 2017 ini hanya tinggal 1,43%,” jelasnya.

Menurut dia, tingginya populasi di Jabar bukan karena kelahiran, melain-kan akibat migrasi. Aher mencontohkan Bekasi yang pertumbuhan penduduknya mencapai 4,1% karena dipicu banyaknya pendatang. (UK/BU/E-2)

Sumber :
http://mediaindonesia.com/news/read/108803/pusat-ambil-alih-pengendalian-penduduk/2017-06-13
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

DP3KB Brebes

Translate

Total Tayangan Halaman

POSTING UNGGULAN

Kampung KB Rintis Rumah Hijau Untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Kubangjati ( cbmnews.id ) - Kamis, 27 September 2018 kegiatan rutin sosialisasi Kampung KB di Dukuh Rimpak Desa Kubangjati Kecamtan Keta...

Kampung KB Brebes

Desa Kampung KB Kabupaten Brebes
1. Desa Capar

2. Desa Bantarwaru

3. Desa Kalilangkap

4. Desa Winduaji

5. Desa Sridadi

6. Desa Kutamendala

7. Desa Kendawa

8. Desa Wlahar

9. Desa Kubangjati

10. Desa Penanggapan

11. Desa Kalibutu

12. Desa Karangreja

13. Desa Ciampel

14. Desa Grinting

15. Desa Siasem

16. Desa Wangandalem

17. Desa Wanacala

18. Desa Cenang

19. Desa Pepedan

20. Desa Watujaya

21. Purwodadi

22. Purbayasa

23. Galuh timur

24. Dukuh Hilir losari

25. Desa slatri

26. Desa sitanggal

27. Desa siandong

28. Desa luwunggede

29. Desa Rengaspendawa
--------------------------------------------------
Sumber |
DP3KB Kabupaten Brebes



KOLOM BERSAMA